You Cant Keep It Unless You Give it Away

Apa yang kita tahu itu yang akan kita bagi..... dengan berbagilah kami akan semakin belajar, dengan berbagilah kami akan semakin termotivasi, dan dengan berbagi pula kami akan semakin sadar bahwa kami bukan apa-apa.

Adiksifitas Foundation
Provide

Counseling Services, Treatment and Rehabilitation, After Care Services and Vocational Learning, Support Group.

"... In this Ground , I can Take root and growth, Not alone anymore as in death... But alive to myself and Others"


Rabu, 25 Januari 2012

Positive Law VS Social Consequences

Hukum Positif (Hukum yang berlaku) VS Konsekuensi Sosial.. 2 bentuk pertanggungjawaban yang hidup dan berlaku dimasyarakat.
Gw akan coba angkat kasus "AS" dalam kecelakaan maut di tugu tani...

Sesuai dengan hukum positif yang berlaku, "AS" wajib mempertanggungjawabkab perbuatannya sesuai dengan aturan yang berlaku, Mungkin dikenakannya pasal berlapis, dalam hal ini adalah kelalaian yang mengakibatkan matinya orang lain, penyalahgunaan narkoba, dan/atau pasal pelanggaran lainnya.

Katakanlah "AS" telah mempertanggung jawabkan perbuatannya, menjalani hukuman, dll. Lantas, apakah selesai disitu??
Sorry to say, But NO

Ini Indonesia Bung, ada konsekuensi sosial yang telah menunggu dan saat ini pun telah berjalan bahkan sebelum adanya putusan pengadilan. jngan berharap asas "Presumption of Innocence" dapat berlaku dmasyarakat.

Anda lihat respon dari masyarakat tentang kasus ini?? YES, that's the social consequences.. anda lihat  saat media memberitakan "AS" dbawah pengaruh narkoba, kontan, Bukan hanya "AS" yang menjadi sasaran, namun seluruh pecandu narkoba... ada yang pro dengan bersikap netral , namun lebih banyak lg yg bersikap kontra dan menjadi "Hakim Dadakan" atas kasus ini.

Inilah sedikit gambaran karakter masyarakat , dimana norma masyarakat dan adat jauh lebih mendominasi dan cenderung ditakuti, ini sudah mendarah daging dan sudah sepatutnya para pemangku kebijakan mempertimbangkan aspek sosiologis dan antropologi budaya dalam menerapkan hukum positif.

Just remember "Bad News is a Good News for Media"
Know the composition, Taste it, before You Swallow it

Tidak ada komentar:

Posting Komentar